Sabtu, 27 Juli 2013

ENTREPRENEURSHIP IN ACTION


 


[ Rangkuman Kuliah Online Via Skype ]

Ada 3 hal yg akan menjadikan Anda seorang entrepreneur yg berhasil, yaitu

1. Passion of entrepreneur
2. Knowledge
3. Tools


Awal mula usaha mie ayam yang di kelola Pak Teddy bersama dua orang rekannya belum membuahkan hasil, padahal tempat strategis,karena tepat di depan kampus di Bogor yang mahasiswanya berjumlah sekitar 2000 orang, harga mie ayam juga terjangaku.

Yang menyebabkan usaha Pak Teddy kurang berhasil karena
a.       Kurang mempelajari kemauan pasar
b.      Cara penyajian kurang menarik
c.       Pelayanan kurang
d.      Tidak memakai lebel halal

 Itu semua, harus nya bisa di ketahui lebih awal sebelum  start business,

ini adalah kesalahan terbesar dan  seselin bener karena tidak mempelajari learning the market.
Seperti kata pak anton kita bukan hanya harus tau pasar nya aja, tapi harus bisa EMPATY sama pasar kita harus bener bener bisa memahami pasar kita. Kalo  mau berbusiness, cuma tau lokasi strategis, makanan yg kamu jual enak... itu saja tidak cukup karena itu Pak Teddy katakan  bahwa passion,  tools, knowledge harus kita miliki sebagai entrepreneur, untuk bisa berhasil didalam persaingan bisnis yg sesungguhnya tools yg di  maksud, banyak sekali contohnya, BMC salah satu contohnya.design thinking dan knowledge adalah yg diberikan Pak Nur, di PER , ketiga hal tadi harus anda miliki. Semanget doang, passion nya ada tapi itu aja ga cukup  ada tools dan knowledge yg harus anda miliki juga.
Di bulan-bulan berikutnya walau usaha Pak Teddy berlokasi di tempat yang strategis, mie ayamnya juga enak, harga terjangkau tetapi masih dibilang belum berhasil, itu karena;

a.       Kurang adanya Promosi dan tidak menyadari keinginan pelanggan
b.      Pelayanan kurang baik
c.       Penyajian kurang menarik
d.      Harga kurang mengena
e.       Cara penyajian kurang menarik
f.        Citra rasa

 Yang dimaksud  tools = peralatan atau teknik praktis untuk memahami pasar.
Mengelola hutang

Pada dasarnya, kalo dihutangin orang itu bukan sesuatu yg buruk
salah satu alasan dan tujuan kenapa kita kasih orang ngutang, sebenernya untuk meningkatkan penjualan . Dalam dunia marketing, bahwa semua barang itu intinya bagus selama kita kreatif untuk menjual barang itu. Artinya apapun barang atau jasa yg kamu jual atau pasarkan harus bisa memenuhi kebutuhan customer : ingat KEBUTUHAN CUSTOMER. KEBUTUHAN / KEINGINAN CUSTOMER karena selama bisa memenuhi kebutuhan customer disitulah kekuatan kita karena selama kita semua bisa memenuhi kebutuhan customer disitulah kekuatan sebuah bisnis. Survey merupakan langkah awal sebelum terjun : bahwa ternyata dengan makanan yg murah pun belum tentu merupakan daya tarik bagi pembeli. Kalau kalian semua yang akan makan, bagaimana cara memilih tempat makan yg kalian akan mampir dan beli.
Contoh : saya lebih memilih tempat dari pada menu
Sementara orang lain akan memilih kebersihan, harga terjangaku dan makanan sehat,
Jadi kesimpulannya akan memilih kebersihan. Kalau dipersempit lagi kebersihan merupakan jasa, #bersih belum tentu sehat# tetapi akan lebih nyaman bukan makannya? karena ga mungkin juga melihat ke dapur bukan. Artinya bagaimana cara kita menyampaikan pesan atau keinginan kita yg ujungnya adalah jasa atau kemasan. Kemasan disini adalah tempat. Kebersihan juga ada kadarnya, artinya kalau menurut nayum tentu merupakan daya tarik bagi pembeli : artinya kalau menurut nay itu bersih belum tentu menurut yuni bersih juga kan, belum tentu menurut saya bersih juga kan, belum tentu menurut pak teddy bersih juga kan? tetapi setelah dengan penyampain pesan yg akan disampaikan tepat sasaran baru akan menilai bahwa inilah hasil yg diharapka, so kalau kita sekarang beralih ke harga. Kemasan disini jangan diartikan bahwa kita harus memulai dengan sesuatu yg menggunakan modal banyak, tetapi lebih ke bagaimana kita mengemas pesan kita sehingga sampai ke customer dengan tepat. Kalau jualan pupuknya sampai petani dengan baik, diantar sendiri, dibantu survey ke ladangnya, kemudian diberikan penyuluhan, kemudian sambil ngobrol ringan... Buat petani mungkin sesuatu yg berharga sampai segitunya kamu jualan ke customer, tetapi dari sisi kamu itu adalah marketing yg sangat baik kan, sambil promosi, sambil melihat2 apakah ada petani dan ladang lain di kanan  dan kiri, di depan dan belakangnya ladang customer. Aartinya kamu mengemas sesuatu dengan dengan tujuan baik dan dengan promosi yg singkat dan tepat. Secara singkat marketing dan Sales itu adalah bagaimana menjalankan semuanya dengan hati dan dengan tujuan baik, persaingan tetap dilakukan karena bisnis, tetapi tidak dengan hanya mencontoh tetapi ATM [AMATI TIRU MODIFIKASI ]

 Back up dalam BMC itu lebih ke KEY PATNER, back up yg dimaskud mungkin positifnya itu diambil dari back up pengetahuan yg lebih baik yg pertama, kedua back up yg paling mudah dicapai adalah hutang dari tempat kita membeli, artinya kalau kamu dapat hutang dari tempat kamu membeli dia sudah memberikan kepercayaan terhadap kamu dan kamu dianggap sudah dapat memberikan pengaruh besar bagi penjualnya, nah itu merupakan satu back. Patner / back up kalo ada satu perusahaan kasih kamu hutang, itu sebenernya back up dari perusahaan itu untuk kita modal buat kita. Misalnya;
1.     Anda usaha warung baso, kamu perlu daging, harus nya beli  daging dulu baru di jual dan dapet duit, pembelian daging pertama kali kan kamu harus punya modal tentunya.Kalo ada perusahaan kasih kamu hutang, artinya kamu jadi lebih enteng dah ya, modal kamu bisa kamu pake buat yg laen.
2.   Pendanaan
Pinjam modal ke bank.

GAK MUNGKIN ADA PERUSAHAAN BUSINESS yg mau back up  tanpa perusahaan dia juga dapet untung, itu hakekat dari KEY PATNERS. Kenapa perusahaan lain mau kasih hutang sama kamu ? pasti dia ada mau nya...ini  harus di ketahui dulu sebelum akhirnya buka usaha dan jalan. Patnership, atau back up tadi, akan mempercepat perkembangan perusahaan sebuah usaha.

Berjualan lewat online dan cara marketingnya agar bs meningkatkan penjuala

on line merupakan sesuatu cara, sesautu yg akan kamu kemasan. tetapi tetap saja tujuan kamu bukan secara on line kan? artinya setelah kmu bertemu dengan klien atau customer baru akan dimulai kan? artinya kamu harus memikirkan setalah on line bagaimana penjulan yg akan diterapkan, harus disosialisasikan. Ingat semua org yg berjualan secara on line adalah promosi. Karena setelah dia menghubungi kamu, baru secara salesnya akan berjalan kan? Bernegosiasi, menjelaskan produk, menjelaskan keuntungan menggunakan produk, bagaimana kamu memperlakukan customer kamu? apakah produk kmu cocok atau tidak dipakai? apakah ada hal lain yg akan kmu jual tetap pada akhirnya interaksi penjualan itu setelah kamu berhubungan langsung dengan calon pembeli. Karena on line merupakan sesuatu cara  berpromosi, bukan melakukan penjualan. sesuatu yg kita kemas di depan

Bagaimana menghadapi pesaing kita dalam usaha yang sama

Ada suatu strategi praktis yg namanya BLUE OCEAN STRATEGY. Persaingan business udah pasti ada bagimana  supaya kita menang terus dalam persaingansatu kata kunci ya, yaitu INNOVASI, salah satu tools nya adalah Radar innovasi. Kita harus punya keyakinan atas innovasi yg kita buat, memang awalnya pahit banget, tapi kalo kita yakin dan sudah kita perhitungkan dengan matang usaha akan berhasil dan sukses. Innovasi ada tools nya juga, namanya radar innovasi, jadi tidak sembarangan juga bikin innovasi, ada tools and knowledge nya.
Pertanyaan

1.       Tiga bulan yang lalu usaha sarang burung saya melangit orderannya pak dan 2 minggu terakir ini dapat komplinn dari kastemer, bawasannya ada supler baru yg jual sarang burung ndengan harga yg lebih murah dari saya. Bagaimana saya mempertahankan kastemer saya pak sedangkan untung saya sudah mepet?

 HARGA itu sudah paten, kita harus bisa jual dibawah harga pesaing....

 harga jadi ALASAN PALING GAMPANG untung kalah dari persaingan. Business masalah kamu kreatif, kalo kreatif nya terbatas ujung ujungnya cuma bisa mikirin gimana caranya supaya harga lebih murah, tapi kalo kamu kreatif nya super, kamu bisa jual itu sarang burung dengan harga kamu tapi pelanggan tetep mau beli ke kamu. Kunci nya kreatif dan innovasi ya dan bagaimana innovasi sarang burung kamu, kita harus liat menggunakan radar innovasi.

2.       Apakah Sale atau discount itu memang harus ada untuk menarik pelanggan terutama ketika produk atau jasa kita baru muncul.

Sale atau diskon memang terkadang dikaitkan dengan munculnya produk baru, tetapi kalau dalam dunia sales n marketing ini kurang tepat, karena kultur kebudayaan indonesia adalah selalu membeli apabila ada yg murah dan diskon kemudian langsung membeli tanpa mengetahui aplikasi atau kegunaan dari barang tersebut akhirnya akan kecewa setelah tidak dapat dipakai, kalau saya akan lebih memilih strategi menjemput bola, artinya lebih kepada mendatangkan ke customer dan melihat daripada kebutuhan pasar atau kebutuhan customer, sale atau diskon lebih kepada untuk meningkatkan penjualan setelah kita mengetahui apa yg dibutuhkan oleh customer. Dalam rangka sale atau diskon untuk produk yg satu yg sedang kita inginkan untuk meningkatkan penjualannya, maka pasti ada produk2 yg dibelakangnya yg sedang kita incar untuk kita perkenalkan kepada customer bukan produk baru akan dikemas atau di marketingkan dengan seribu kelebihan daripada produk lamanya artinya balik lagi bagaimana penyampaian pesan dan tujuan kamu sampai di customer kan? sale tidak akan rugi kan? perusahaan tetap untung kan? tetapii bagaimana membuat sesuatu yg biasa menjadi luar biasa, so kesimpulannya adalah sale atau diskon adalah pancingan, bukan point nya. Sehingga kalau kamu mau memulai sesuatu lihatlah hal apa yg ingin disampaikan. bagaimana menyampaikannya?dan selalu melihat setelah ini ada apa. Karena saat ini adalah situasi. Strategi adalah cara. Hasil adalah masa depan. Jangan berhenti ber inovasi dan selalu positif
Apapun bidangnya, marketing adalah ujung tombak perusahaan.Supaya berhasil, maka kita perlu terjun langsung ke lapangan, gali lebih jauh apa mau mereka, kebutuhan mereka, dengan demikian kita jadi tau... ini loh yang di mau mereka... ini loh yg di butuhkan... ini loh dst...Dengan kreatif dn inovasi maka apapun yang kita tawarkan TIDAK AKAN DITOLAK pelanggan karena tepat sasaran marketnya. So, jangan berhenti berinovasi. Karena jangan salah, innovasi adalah sesuatu hal kreatif yg sudah diterima pasar...selama belum laku, itu bukan innovasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar