Kamis, 04 Juli 2013

JR # 3 " ANALISIS SWOT UNTUK BISNIS GROSIR "

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategi yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan [ strangtht ], kelemahan [weaknesses ], peluang [opportunites ] dan ancaman [ threats ].
Tujuan dan dasar dari SWOT adalah jujur saat menyatakan kekuatan dan kelemahan bisnis dan menemukan peluang dan ancaman. Kekuatan dan ancaman adalah kesempatan sementara internal dan ancaman adalah faktor eksternal.
 1. Kekuatan
Kekuatan adalah hal utama yang harus dipertimbangkan ketika menganalisis SWOT adalah kekuatan dari sbuah bisnis.Kekuatan bisnis Anda dapat menjadi keunggulan kompetitif jika sepenuhnya dimaksimalkan.

Kekuatan bisnis dapat dibagi menjadi dua;
Kekuatan internal dan eksternal. Kekuatan internal adalah orang-orang bisnis yang memiliki total kontrol atas. Diantaranya nama merk, hubungan bisnis, modal dasar, tim manajemen, loyalitas pelanggan, hak eksklusif, paten, merek dagang atau perlindungan hak cipta.

Kekuatan eksternal adalah kesempatan yang dimanfaatkan untuk menciptakan keunggulan kompetitif, termasuk tren, situasi politik,situasi ekonomi, dan kebajikan pemerintah. Apapun yang menempatkan bisnis pada keuntungan adalah kekuatan.

Untuk mendapatkan efektivitas yang maksimal, kita harus menggunakan kekuatan kita pada kapasitas penuh untuk mengeksploitasi kelemahan pesaing.

2. Kelemahan
Kelemahan bisnis adalah celah yang bisa dimanfaatkan pesaing jika ditemukan.jadi harus menyembunyikan kelemahan dan bekerja untuk memperkuat usaha.

3. Peluang
Peluang adalah hanya faktor atau situasi yang dapat dimanfaatkan untuk mendapat keuntungan yang tidak semestinya atas pesaing

Tugas seorang pengusaha adalah untuk mengidentifikasi peluang dan mengkonversi mereka, mereka mungkin berubah menjadi ancaman atau kelemahan bisnis.

4. Ancaman
Faktor terakhir tapi yang paling penting untuk dipertimbangkan saat melakukan analisis SWOT adalah ancaman bisnis, karena jika diabaikan bisnis akan hancur. Bisnis ancaman faktor yang membuat bisnis terancam punah jika tidak diatasi.

Analisis SWOT adalah penting dalam menentukan ketrampilan ditangkap dan keahlian untuk mengurangi resikodalam mendukung bisnis grosir. Hal ini memungkinkan grosir untuk mengembangkan teknik dan rencana tata letak dalam beberapa pesanan untuk mencapai keberhasilan.



Berada di bisnis grosir berarti memiliki banyak pesaing, dan banyak pilihan sumber daya, pemasok dan distributor.Dengan demikian harus mengembangkan bisnis yang tersisia dalam kompetisi persaingan antar pembisnis.Alat analisis yang kuat karena memeperkenalkan peluang yang dapat memanfaatkan dan mengelola ancaman dapat mengatasi kelemahan. Ini kerangka kerja praktis membantu dalam mengembangkanstrategi bisnis mengenai produk grosir.

Analisis SWOT memberikan wawasan yang mendalam dalam sebuah bisnis dan memungkinkan untuk mengembangkan bisnis. Pertumbuhan dan ekspansi menjadikan perbaikan dan kemampuan untuk berbaris di depan pesaing.

Sebuah analisis SWOT yang realistis memberikan kemampuan membaca masa depan yang jelas. Ketika dapat meramalkan ancama, kelemahan, dan kekuatan mengukur dan rencana untuk bertindak sesuai dengan kesempatan.

Mencapai kesuksesan melalui spesifik perencanaan strategidan bekerja konsisten. Perusahaan grosir besar selalu menyertakan analisis SWOT dalam perencanaan strategi mereka untuk mendapatkan kesuksesan dalam bisnis grosir.

Kesimpulannya, dari ke empat kunci analisis SWOT adalah dapat memanfaatkan untuk mendapatkan bentengpada bentuk usaha apapun. Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terus-menerus akan membantu suatu bisnis tetap di depan permainan dalam sebuah bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar