Kamis, 11 Juli 2013

JR # 4 " BOOTSTRAPPING "



Bootstrapping atau butstrap adalah situasi dimana seorang pengusaha memulai usahanya dengan modal kecil. Senggga individu dikatakan booting tegap ketika ia mencoba untuk menemukan dan membangun usahanya dari keuangan pribadi atau dari pendapatan usaha yang baru, misalnya dari sodara atau teman.
Bootstrap adalah salah satu cara yang paling efektif dan murah untuk memastikan bisnis arus ke positif. Bootstrap berarti sedikit uang harus dipinjam dan biaya bunga berkurang.
Bagaimna mencari modal atau dana untuk bisnis anda dengan metode bootstrap? yaitu, dengan kridit perdagangan adalah salah satu cara memaksimalkan sumber daya keuangn anda untuk jangka pendek. Untuk jangka panjang biasanya pemasok memberikan kridit kepada pelanggan regular selama 30, 60, atau 90 hari tanpa pengisian bunga. Namun ketika kita memulai pertama kali membuka bisnis Pemasok biasanya ingin setiap COD (Cash On Delivery ) sampai anda telah ditetapkan bahwa Anda dapat membayar tagihan Anda tepat waktu. Sementara ini adalah cukup praktek normal, dalam rangka untuk mengumpulkan uang saat sartup, Kita harus mencoba untuk bernegosiasi secara kridit perdaganan dengan pemasok. Salah satu hal yang akan membantu kita dalam negosiasi adalah memiliki memiliki rencana keuangan tertulis.

Memulai suatu usaha baru dengan melakukan bootstrapping ada beberapa keuntungan :

1. Tidak ada beban bunga hutang. Walaupun ada biasanya sangat negotiable dan kecil apalagi kalau sebagian besar berasal dari kantong sendiri. Dengan tidak ada beban bunga maka usaha yang dijalankan akan ringan beban costnya dan dapat menurunkan harga jual.

2. Mengurangi campur tangan orang lain. Baik dari sisi menejemen maupun pembagian keuntungan, dengan demikian ide anda 100% akan dapat diterapkan disini, semangat entrepreneurship masih ada ditangan anda secara utuh.

3. Jangka pengembalian modal fleksibel. karena berasal dari saudara san teman, jangka waktu pengembaliaan dapat diatur sesuai kemampuan dan tingakt kemajuan usaha.

Kelemahan dari metode bootstrap, adalah

1. Untuk mengumpulkan modal dari beberapa orang membutuhkan  waktu, dan bias mengganggu konsentrasi ke usaha.
2. Dalam jangka panjang hutang kepada teman atau saudara menimbulkan perasaan hutang budi, walaupun hutang sudah dilunasi.

Dengan metode bootstrapping ini Anda dapat memulai usaha dan mewujudkan ide, walaupun itu usaha sekala kecil bila dilakukan dengan benar tidak mustahil akan berkembang suatu saat.

 

2 komentar:

  1. Usaha kecil akan menjadi besar apabila
    adanya business partner ( mitra bisnis)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Pa Rhama, dengan adanya bisnis patner, usaha kecil yang kita jalankan akan berkembang dan menjadi besar.

      Terimakasih Pa, untuk share nya dan terimaksih untuk kunjungannya ke blog saya.

      Hapus