Minggu, 29 September 2013

JR REFLEKSI 3 # " STRATEGI PEMASARAN RITEL "

Materi minggu ke-3 di pembelajaran menejemen ritel adalah mengenai '' Strategi Pemasaran ritel " Dimana definisi dari strategi pemasaran  ritel itu adalah statemen yang mengidentifikasikan :
1.  Pasar Target Ritel
2. Rencana Format Ritel,
    yang akan digunakan untuk memuasakan kebutuhan-kebutuhan  konsumen pada pasar target.
3. Keuntungan / keunggulan dalam bersaing.

Pasar target ritel adalah segmen pasar yang dituju oleh ritel dalam merencanakan serta memfokuskan sumber daya dan bauran ritelnya.

Format ritel adalah bauran ritel yang terdiri dari : produk yang ditawarkan, kebijakan harga, program promosi dan iklan, desain took dan pemajangan produk serta lokasi ritel.

Keunggulan bersaing adalah merupakan keuntungan dalam berkompetisi yang bias di pelihara dalam jangka waktu yang panjang.

Langkah-langkah proses strategi ritel
  1. Identifikasi misi bisnis
  2. Melakukan audit situasi (  analisis potensi pasar, analisis pesaing dan analisis internal )
  3. Identifikasi peluang strategi
  4. Evaluasi alternative strategi yang akan dilakukan
  5. Tetapkan sasaran khusus dan alokasikan sumber daya
  6. Bangu bauran ritel untuk mengimplementasikan strategi
  7. Evaluasi kinerja dan lakukan penyesuaian / perbaikan.
strategi ritel menekankan untuk memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan. Strategi ritel meliputi penentuan target pasar, sifat barang dan jasa yang ditawarkan, dan bagaimana ritel memperoleh keuntungan jangka panjang dari para pesaingnya. Bagian kebutuhan strategi dalam strategi ritel antara lain strategi pasar, strategi keuangan, strategi lokasi, struktur organisasi dan sumber daya manusia.

Sementara bisnis ritel itu sendiri adalah keseluruhan aktifitas bisnis yang terkait dengan penjualan dan pemberian layanan kepada konsumen untuk penggunaan yang sifatnya individu sebagai pribadi ataupun keluarga. Agar berhasil dalam pasar ritel yang kompetitif, pelaku ritel harus dapat menawarkan produk yang tepat dengan harga, waktu dan tempat yang tepat pula. oleh karena itu pemahaman terhadap pelaku ritel terdapat karakteristik target pasar atau konsumen yang akan dilayani merupakan hal yang sangat penting.

Strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan serta aturan yang memberi aranh kepada usaha-usaha pemasaran dari waktu ke waktu pada masing-masing tingkatan serta lokasinya. Strategi pemasaran modern terdiri dari tiga tahap yaitu : segmentasi pasar ( segmenting ), penetapan pasar sasaran ( targeting ), dan Penetapan posisi pasar ( positioning ) ( Kotler 2001 ).
Setelah mengetahui segmen pasar, target pasar dan posisi pasar maka dapat disusun strategi bauran pemasaran ( marketing mix ) yang terdiri dari strategi produk, harga, penyaluran / distribusi dan promosi.

1. Segmentasi Pasar ( Segmenting )
    Secara umum terdapat tiga falsafah dasar sebagai pedoman bagi perusahaan untuk mendekati pasar, yakni pemasaran masal dimana untuk memproduksi dan mendistribusi produk secara masal, pemasaran berbagai produk yang menyajikan pilihan produk berbeda untuk segmen berbeda dan pemasaran terarah yang mengembangkan produk pasar yang spesifik.

2. Target Pasar ( Targrting )
     Dalam menetapkan sasaran  pasar ( target pasar ), perusahaan terlebih dahulu harus melakukan segmentasi pasar, dengan cara mengelompokan konsumen ( pembeli ) kedalam kelompok dengan ciri-ciri( sifat ) yang hamper sama. Setiap kelompok konsumen dapat dipilih sebagai target pasar yang akan dicapai. Segmentasi pasar dimaksudkan untuk mengkaji dan mencari kesempatan segmen pasar yang dihadapi perusahaan, menilai segmen pasar dan memutuskan berapa banyak dari segmen pasar yang ada tersebut yang akan dilayani oleh perusahaan.

3. Diferensiasai dan Positioning
     Pada dasarnya diferensiasai adalah tindakan merancang satu set perbedaan yang berarti untuk membedakan penewaran perusahaan dari penawaran pesaing.

Di minggu ke-3 ini saya mengamati langsung toko ritel yang ada di lingkungan tempat tinggal saya yaitu toko ritel seven eleven / 711.


Walau banyak competitor 7-11 tetap banyak dikunjungi pelanggan terbukti dengan makin banyaknya keberadaan 7-11 yang menyebar di berbagai negara. 7-11 selalu tepat dalam pemilihan lokasi karena bisa menentukan target pasar, lokasi yang sangant strategis, dan segmen pasar. 7-11 juga mempunyai menejemen sumber daya manusia yang handal. karena setiap pegawainya selalu menerapkan disiplin dan bertanggung jawab atas tugasnya masing-masing.
Penyediaan barang / produk yang unik dan fast food sehingga memudahkan para pelanggan mendapatkan makanan atau produk yang dibutuhkan jika dalam keadaan terdesak maupun dalam keadaan santai. Denagn desain toko yang khas dan unik ini merupakan suatu ciri yang mendasar bagi sebuah usaha ritel karena dengan desain toko yang unik terdebut memudahkan para konsumen / pelanggan menemukan 7-11 untuk belanja.
 
 






                                                                                                           Salam Entrepreneur

                                                                                                                 Gissa Ayustin
                                                                                                   
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar