Kamis, 03 April 2014

JR T100 # 1 '' GROWTH MINDSET ''

Tugas jurnal refleksi kali ini adalah pemebelajaran di kelas T100 - UCEO, kali ini membahas mengenai Growth Mindset.

Yang dimaksud mindset adalah cara pandang tentang bakat dan kemampuan yang kita miliki yang akan mempengaruhi langkah-langkah dalam menuju kualitas diri yang kita kehendaki. Pola pikir seseorang akan menentukan cara orang melihat dunia, cara orang memandang kehidupannya, cara memeandang setiap peristiwa yang dialaminya. Terhadap satu peristiwa yang sama, bisa saja orang mengambil sikap yang amat berbeda. Menglami penderitaan bisa menjadikan seseorang terotivasi, mau bangkit, terbakar semangatnya, mengalahkan penderitaan dan menghasilkansukses luar biasa. Sebaliknya pendritaan juga bisa membuat orang putus asa serta membiarkan dirinya dihancurklan olehnya.

Pada dasarnya pola pikir ( mindset ) terbagi dalam dua pola yaitu fixed mindset atau mindse tetap dan  dan growth mindset atau mindset berkembang. Orng yang berpola pikir fixed mindset, biasanya hanya mempengaruhi diri pada bakat atau kemampuan yang sudah ada saja.
Fixed mindset mempercayai bahwa kualitas-kualitas seseorang bagaikan 'ukiran pada sebuah batu', sesuatu yang menetap tidak bisa diubah. Pemilik mindset seperti ini lebih berkonsentrasi untuk membuktikan diri dari waktu ke waktu bahwa dirinya memiliki kualitas-kualitas itu. Mereka cendrung ingin terlihat pintar ataupun cakap.

Berbeda dengan growth mindset yang meyakini bahwa kualitas-kualitas tertentu dihasilkan dari sejauh mana usaha ( effort ) yang dilakukan. dengan mindset ini setiap orang memiliki peluang untuk berubah dan berkembang mencapai kualitas-kaulitas yang diinginkan melalui dedikasi dan kerja keras. Pemilik mindset ini memiliki kecenderuangan untuk selalu belajar.
Orang yang meiliki growth mindset suka mengembangkan apa yang sudah ada, senang mencari antangan baru, mau menjelajahinya dan selalu mampu menghadapi masalah.

Ciri-ciri dari orang yang ber-growth mindset adalah suka dengan upaya, penuh dengan kreativitas. kerja keras dan anthusias. Orang dengan mindset berkembng mempunyai pemahaman, bahwa segala bakat atau talenta kecerdasan dan kapasitasyang dimiliki itu adalah sesuatu yang bukan given, tetapi bisa diperoleh melalui berbagai upaya tertentu. Mereka itu menjalani kehidupan dengan memanfaatkan peluang dan tantangan untuk berkembang mencapai kesuksesan.


Salam Entrepreneur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar