Senin, 07 April 2014

JR T100 # 4 '' BUSINESS MODEL INOVATION ''

Definisi Inovasi Model Bisnis


Inovasi model bisnis sebagai perencanaan dan perancangan cara baruberbisnis melalui perubahan, perbaikan dan penyempurnaan proses bisnis yang sudah ada baik di interal maupun berkolaborasi dengan eksternal sehingga tercipta proses kerja baru yang tidak pernah dilakukan sebelumnya, untuk meningkatkan nilai tambah pemangku kepentingan atau pemilik dari usaha tersebut.





Berpijak dari definisi diatas yang arus dipahami oleh para eksekutif terkait dengan inovasi model bisnis, yaitu ;
  • Bisnis model inovasi merupakan penggabungan atau penambahan aktifitas yang teah sempurna dengan cara yang unik dasempurna juga ( novelty ways )
  • Faktor pencipta dan pengendali nila tambahnya, yaitu
  1. Aktifitas yang sempurna
  2. Penggabuangan yang unik
  3. Saling melengkapi dan memberikan nila tambah
  4. meningkatkan efesiens, efektifitas dan produktifitas
  • Inovasi model bisnis akhirnya tidak dapat ditiru dan disaingi untuk jangka waktu lama kecuali inovasi model bisnis yang lain.
Dalam sebuah model bisnis dapat dijelaskan dengan sebilan blok bangunan dasar yang memperlihatkan bagaimna perusahaan tersebut menghasilkan uang. Kesembilan blok tersebut mencangkup empat bidang utama dalam suatu bisnis yatu pelanggan, penawaran, instruktur dan kelangsuangan finansial.
Kesmbialn pokok tersebut yaitu ;
  1. Segmen pelnggan ( Customer Segments - CS ), yaitu apakah organisasi tersebut melayani satu atau bebeapa segment pelanggan.
  2. Proposisi nilai ( Value Proposition - VP ), yatu mencoba memecahkan masalah pelanggan dan memuaskan kebutuhan pelanggan atau proposisi nilai.
  3. Saluran ( channels - CH ), yaitu proposisi nilai sampai ke pelanggn melalui komunikasi, distribusi dan saluran penjualan.
  4. Hubungan pelanggan ( Customer Relationships- CR ), yaitu Hubungan pelnggan di tetpkan dan dikelola bersama masing-masing segmen pelanggan.
  5. Arus pendapatan ( Revenue Streams - RS ), yaitu arus pendapatan diambil dari proposi nila yng sukses ditawarkan keada pelanggan.
  6. Sumber Daya Utama,( Key Resaurces - KR ), yaitu suatu asset yang diperlukan untuk menawarkan dan memberikan berbagai elemen di atas.
  7. Aktifitas kunci ( Key Activities  - KA ), yaitu aktifitas utama dari organisasi tersebut untuk mendapatkan sebuah nilai.
  8. Kemitraan utama ( Key Partnership ),yaitu aktiftas yang di outsrouce dan berbagai sumber daya diperolh dari luar perusahaan.
  9. Struktur biaya ( Cost Structure - CS ) yaitu biaya yang harus dikeluarkan dikeluarkan dan menjalankan bisnis model tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar