Minggu, 06 April 2014

JR T100 # 3 '' RESOURCE MANAGEMENT' ''

Strategis Berbasis Sumber Daya



Yang dimksud dengan manajeman sumber daya manusia atau human resorce management ( HRM )adalah Pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balas jasa dan pengelolaan individu anggota organisasi atau kelompok pekerja. HRM termasuk desain dan implementasi system peencanaan, penyesuaian karyawan, pengembangan kryawan, pengelolaan karier, kompensasi karyawan dan hubungan karyawan.


Komponen-komponen dalam HRM pada konteknya adalah ;
  •  Pengusaha.
Dimana pengusahaitu adalah setiap orang yang meninventasikanmodalnya untuk memperoleh penapatan dan besarnya pendapatan itu tidak menentu tergantung pada laba prusahaan tersebut.
  • Karyawan
Karyawn merupakan kekayaan sebuah perusahaan, karena tanpa keikutsertaan mereka, aktifitas peusahaan tidak akan terjadi. Karyawan berperan aktif dalam menetapkan rencana, sitem, proses, dan tujuan yang ingin dicapai.
Karyawan adalah penjual jasa ( pikiran dan tenaganya ) dan mendapatkan kompensasi yang besarnya telah ditetapkan terlebih dahulu. Mereka wajib dan teikat untuk mengerjakan peerjaan yang diberikn dan berhak memperoleh kompensasi sesuai dengan perjanjian. Pososi karywan dalam suatu perusahaan dibedakan atas karyawan operasionl dan karyawan manajerial ( pemimpin ).
  1. Karyawan operasional adalah setiap orang yang secara langsung harus mengerjakan sendiri pekerjaannya sesuai dengan perintah atasan.
  2. Karyawan manaerial adalah setia orang yang berhak memerintah bawahannya untuk mengerjakan sebagaian pekerjaannya dan dierjakan sesuai dengan perintah. Mereka mencaai tujuanya untuk kegiatan-kegiatan ornag lain. Karyawan manajerial ini dibedakan atas menejer lini dan menejer staf.
  • Manajer lini adalah seseorang pemimpin yang mempunyai wewenang lini ( line authority ) berhak da tanggung jawab langsung merealisasi tujua perusahaan.
  • Manajer staff adala pemimpin yang mempunyai wewenang staff ( saff authority ) yang hany berhak memberikan saran dan pelayanan untuk memperlancar peneylesaian tugas-tugas menejer lini.
Yang dimaksud degan internal recruiting adalah proses penarikan kryawan yang berasal dari karyawan itu sendiri.

Eksternal recruiting adalah proses penarikan karyawan dan penyeleksian karyawan yang berasal dari laur perusahaan.

Prinip Efektuasi

Ada 5 prinsip dala teori efektuasi, diantaranya yaitu ;
  • Bird In Hand.
Bird in hand adalah ungkapan dalam lingkungan di Amerika  yang berarti tentag apa saja yang dimiliki oleh kita. Apa saja yang ada ditangan kita sebetulnya. Ini bicara tentang  hal yaitu sipa diri kita, apa yang bias kita lakukan dan siapa saja yang kita kenal.
  • Affordable Loss
Affordable Loss artinya adalah sejauh mana entrepreneur itu siap menanggung kerugian. Setiap usaha pasti ada resiko. Resiko itu beraneka ragam. Bisa resiko uang, resiko waktu, resiko tenaga da sebaginya.
  • Lemonade Princple
Lemonade Princple merupakan ungkapan dari Amerika yang maksudnya adalah ketika hidup terasa seperti lemon, lemon berarti kecut, yang rasanya kecut buatlah menjadi lemonade. Seorang entrepreneur itu harus mempunya kreatifitas, harus punya mental yang tahan uji.
  • Crazy Quilt
Crazy Quilt yaitu kumpula dari perca-perca kain yang dijahit sehingga menghasilkan seuah selimut yang indah. Maksudnya adalah kemampuan seorang entrepreneur membangun network dari pihak-pihak yang lain jadi banyk pihak seperti pecahan-pecahan perca kain ini dia kumpulakan, dia kumpulakan jadi satu hingga berguna bagi dia.
  • Pilot In The Plane
pilot in the plane makudnya adalah kita mengnggap bahwa hidup kita ini adalah sebuah pesawat dimna kita adalah pilotnya, maka kitalah yag menentukan pesawat kita ini mau kemana.


Salam Entreprenur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar